Spread the love

(Mataram, 17 Juni 2021) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) sedang berproses menuju kampus dengan jumlah publikasi yang tinggi, lebih khusus Fakultas Pertanian (FAPERTA) UMMAT. Oleh sebab itu berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah baik kalangan dosen maupun mahasiswa. Kali ini FAPERTA menyelenggarakan webinar pengabdian dengan topik “Strategi Pengusulan Proposal PKM Dikti dan Publikasinya di Jutrnal Nasional Terakreditasi SINTA”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 17 Juni 2021. Sebanyak 156 peserta aktif dari 83 perguruan tinggi negeri dan swasta. Dr. Nurhayati, S. TP., MP selaku Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki rekam jejak beberapa kali memenangkan hibah PKM Dikti seperti IbM 2013, IbM 2014, PPTTG 2020 dan PKM 2021 menjadi pembicara pertama dalam kegiatan ini. Pada kesempatan ini Dr. Nurhayati membeberkan (1) trik menemukan ide, (2) sistematika penyusunan proposal, (3) saran penyesuaian anggaran biaya sesuai dengan SBK Kemenkeu, dan (4) cara menumbuhkan inisiasi terhadap suatu masalah yang ada di masyarakat. Sementara teknik publikasi di Jurnal Nasioanl Terakreditasi SINTA dijabarkan oleh Syaharuddin, M. Si.

Foto : Penyampaian materi pada kegiatan webinar pengabdian

Pada kesempatan ini disampaikan materi dengan gamblang membuka rahasia dapurnya sebagai Chief Editor JMM, jurnal yang sudah terakreditasi SINTA 3. Acara dibuka oleh Dekan FAPERTA Budy Wiryono, M. Si. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan tentang pentingnya acara semacam ini guna mendongkrak persentasi dosen yang memenangkan hibah PKM Dikti. Dengan banyaknya dosen yang bisa memenangkan hibah PKM maka secara otomatis akan menaikkan poin akreditasi program studi maupun kampus yang bersangkutan. Kegiatan webinar yang dipandu oleh Suhairin, M. Si ini berlangsung selama 3 jam dengan lancar dan minim kendala.

(Anacardium occidentale).

TINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS BAIK PUBLIKASI DAN HIBAH PKM, FAPERTA UMMAT GELAR WEBINAR YANG DIHADIRI 83 PT
%d bloggers like this: