Template Artikel

JUDUL ARTIKEL

(Times New Roman 16, dicetak tebal, nama tidak boleh disingkat, dan ditulis tanpa gelar)

 

Penulis1*, Penulis2, Penulis 3, dst.

(Times New Roman 11 dan dicetak tebal)

1Departement/Jurusan/Prodi, Universitas, email (9 pt) *Coresponding author.

2Departement/Jurusan/Prodi, Universitas,  (9 pt)

1Teknik Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, [email protected] (9 pt)

2Teknik Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram

 

 

 

INFO ARTIKEL ABSTRAK (Times New Roman 11 dan dicetak tebal)
RiwayatArtikel:

Diterima:…-…-…

Disetujui:…-…-…

Abstrak:Tuliskan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maksimum 250 kata. Memuat latar belakang atau isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan, dan hasil penelitian/kajian pustaka. (Times New Roman 9, 1 spasi)

Abstract: Tuliskan abstrak dalam bahasa Inggris

Kata Kunci:

Kata kunci 1

Kata kunci 2

Kata kunci 3

Kata kunci 4

Dst…

 

——————————u——————————

 


  1. PENDAHULUAN

Pendahuluan mencakup latar belakang serta urgensi dan rasionalisasi  kegiatan. Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini.

Dokumen ini adalah template. Sebuah salinan elektronik yang dapat diunduh dari situs web http://journal.ummat.ac.id/index.php/agrotek.Cara paling mudah untuk memenuhi persyaratan format penulisan adalah dengan menggunakan dokumen ini sebagai template. Kemudian ketikkan teks Anda kedalamnya.

Ukuran kertas harus sesuai dengan ukuran halaman A4, yaitu lebar 210 mm (8,27″) dan panjang 297 mm (11,69″) dengan batas margin ditetapkan sebagai berikut:

  • Atas = 1.5 cm
  • Bawah = 1.3 cm
  • Kiri = 1.5 cm
  • Kanan = 1.3 cm

Artikel penulisan harus dalam format dua kolom, minimal 8 halaman. (Times New Roman 11, 1.15 spasi)

 

  1. METODE PENELITIAN

Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data,definisi oprasional variable penelitian, dan teknik analisis.

Paragraf harus teratur. Semua paragraf harus rata, yaitu sama-sama rata kiri dan dan rata kanan. Seluruh dokumen harus dalam (Times New Roman 11, 1.15 spasi).

Judul dan pengarang harus dalam format kolom tunggal dan harus terpusat. Setiap awal kata dalam judul harus huruf besar, kecuali untuk kata-kata pendek seperti, “sebuah”, “dan”,  “di”, “oleh”, “untuk”, “dari”, “pada”, “atau”, dan sejenisnya.Penulisan penulis tidak boleh menunjukkan nama jabatan (misalnya Dosen Pembimbing), gelar  akademik (misalnya Prof, Dr, M.Pd, M.Si, M.Sc, dan sebagainya) atau keanggotaan dari setiap organisasi.

Setiap affiliasi harus dimasukkan, setidaknya, nama lembaga atau perusahaan dan nama Negara tempat penulis (misalnya Balai Informasi Sumber Daya Air DPU NTB, Indonesia). Alamat email diwajibkan bagi penulis yang bersangkutan.

Grafik dan tabel harus terletak di tengah (centered). Setiap tabel atau gambar yang mencakup lebar lebih dari 1 kolom harus diposisikan di bagian atas atau di bagian bawah halaman.

Grafik diperbolehkan berwarna. Gambar tidak boleh menggunakan pola titik-titik karena ada kemungkinan tidak dapat dicetak sesuai aslinya. Gunakan pewarnaan padat yang kontras baik dengan resolusi tinggi untuk tampilan di layar komputer, maupun untuk hasil cetak yang berwarna hitam putih.

  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan hasil penelitian, dan dapat dilengkapi dengan tabel ,grafik, gambar, atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data dan interpretasi hasil secara logis serta mengaitkannya dengan sumber rujukan yang relevan. (Times New Roman 11, 1.15 spasi).

  1. Sub Judul

Harap periksa semua gambar dalam jurnal Anda, baik di layar, maupun hasil versi cetak. Ketika memeriksa gambar versi cetak, pastikan bahwa: warna mempunyai kontras yang cukup, gambar cukup jelas, semua label pada gambar dapat dibaca.

Gambar diberi nomor dengan menggunakan angka Arab. Keterangan gambar harus dalam font biasa ukuran 9 pt.

 

  1. Sub Judul
    1. Sub Sub Judul

Nama table diletakkan rata tengah, dengan judul tabel 9.5 pt, dan isi tabel 9 pt, spasi 1. Jika tidak

 

TABEL 1

UKURAN FONT UNTUK ARTIKEL

No Nama Kelas Jumlah
1 Aiman XI.A 12
2 Musthafa XI.B 23

 

Tabel diberi nomor menggunakan angka romawi huruf besar. Keterangan tabel di tengah (centered) dan dalam font biasa berukuran 9 pt dengan huruf kapital kecil.

Persamaan secara berurutan diikuti dengan penomoran angka dalam tanda kurung dengan margin rata kanan, seperti dalam (1). Gunakan equation editor untuk membuat persamaan. Beri spasi tab dan tulis nomor persamaan dalam tanda kurung.  Jika persamaan panjang (banyak variable) agar lebih rapat, gunakan tanda garis miring (/), fungsi pangkat, atau pangkat yang tepat. Gunakan tanda kurung untuk menghindari kerancuan dalam pemberian angka pecahan. Jelaskan persamaan saat berada dalam bagian dari kalimat, seperti berikut

(1)

Pastikan bahwa simbol-simbol di dalam persamaan telah didefinisikan sebelum persamaan atau langsung mengikuti setelah persamaan muncul. Simbol diketik dengan huruf  miring.

 

Gambar 1.Contoh Gambar dengan Resolusi Cukup

  1. TEMUAN ATAU DISKUSI (JIKA ADA)

Judul pada bagian Referensi bernomor. Semuaitemreferensi berukuran Time new Roman font 11 pt. Silakan gunakan gaya tulisan miring dan biasa untuk membedakan berbagai perbedaan dasar seperti yang  ditunjukkan pada bagian Referensi. Penomoran item referensi diketik berurutan dalam tanda kurung siku (misalnya [1]). Contoh:

Perkembangan pendidikan di era globalisasi ini sudah banyak mengalami pergeseran nilai-nilai kebaikan diganti dengan karakteristik kurang baik khususnya di tingkat menengah ke atas [2].

 

  1. SIMPULAN DAN SARAN

Pada bagian ini penulis merincikan kesimpulan hasil pembahasan dan analisa data dan disarankan untuk menyampaikan penelitian lanjutan untuk peneliti berikutnya. .(Times New Roman 11, 1.15 spasi).

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr.-Ing. Ir. Suhardjono, M.Sc selaku Pembimbing Thesis yang senantiasa memberikan bimbingan, nasehat, dan motivasi kepada penulis sehingga penelitian ini selesai dengan baik. (ini hanya contoh). . (Times New Roman 11, 1.15 spasi)

 

DAFTAR  PUSTAKA

Daftar pustaka memuat semua rujukan yang digunakan. . (Times New Roman 11, 1 spasi)

 

Buku

  • Fausett, L, Fundamentals of Neural Network, Prentice Hall, New York, 1994.

 

Jurnal

  • Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A., “Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Back propagation Untuk Peramalan Curah Hujan”, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol 1, No. 1, h. 1-5, Maret2011.

 

Artikel/Modul/Diktat

  • SektorPertanian,Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Pertanian NTB, Mataram,

 

Prosiding/Artikel Seminar

  • Karyanik, Suharjono., Analisa pengaruh kedalaman potong terhadap stabilitas chatter sudut pahat 300 pada mesin bubut emco maximat. Prosiding Seminar Nasional ITS Surabaya, Surabaya, Indonesia, h. 12-14, Februari 2012.

Download Template

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *